satlan Bk

SATUAN PELAYANAN

KONSELING KELOMPOK

1. Jenis Topik/ layanan : Mengenal Kemapuan Pribadi
2. Bidang bimbingan : Pribadi & sosial
3. Jenis Layanan : Konseling kelompok
4. Fungsi Layanan : Pengentasan
5. Tugas perkembangan : Mengenal kemampuan, bakat, dan minat serta kecenderungan karir dan apresiasi seni
6. Tujuan Pelayanan :
  1. Siswa mampu berkomunikasi dengan teman sebayanya
  2. Siswa mampu memilih kegiatan ekstrakurikuler yang tepat untuk menunjang karirnya
7. Sasaran layanan : Peserta konseling kelompok
8. Alokasi waktu : 45 menit
9. Uraian kegiatan dan Materi Layanan :
  1. I. Tahap Pembentukan
    1. Pembentukan Kelompok
    2. Mengatur posisi duduk, sedemikian rupa sehingga seluruh anggota kelompok bisa duduk berhadap-hadapansatu sama lain.
    3. Doa bersama
    4. Para anggota saling memperkenalkan diri, dan juga mengungkapkan tujuan dan harapannya yang ingin dicapai
    5. Melakukan permainan yang berfungsi mengakrabkan peserta konseling kelompok
    6. Selanjutnya konselor sebagai pemimpin kelompok, menjelaskan tujuan yang ingin dicapai melalui konseling kelompok, kode etik, dan azas kerahasiaan perlu ditekankan
  1. II. Tahap Peralihan
    1. Pemimpin kelompok menjelaskan tata tertib dari kegiatan-kegiatan yang akan ditempuh pada tahap III. ( merupakan kegiatan kelompok)
    2. Setelah itu pemimpin kelompok menawarkan apakah para anggota kelompok sudah siap untuk memulai kegiatan lebih lanjut kalau tawaran ini masih menimbulkan suasana pelibatan yang masih ragu dan was-was dari para anggota maka sebaiknya ditegaskan kembali mengenai maksud dan tujuan dan jaminan kerahasiaan. Kalau perlu mengulang kembali beberapa aspek dalam tahap pembentukan.
    3. Kalau tawaran ini masih menimbulkan suasana yang ragu-ragu dan was-was bagi para anggota, maka sebaiknya ditegaskan kembali mengenai  maksud dan tujuan serta jaminan kerahasiaan, jika perlu mengulangi kembali beberapa aspek dalam tahap pembentukan
  1. III. Tahap Kegiatan

  1. Tiap anggota secara bergiliran mengemukakan masalah yang sedang dialaminya.
  2. Setelah anggota kelompok selesai mengemukakan masalahnya masing-masing .
  3. Mengadakan musyawarah guna menentukan masalah siapa dulu yang harus diprioritaskan pemaparannya, yang menjadi pertembangan dalam menentukan prioritas adalah masalah yang mendesak untuk ditangani dan yang menarik.
  4. Untuk selanjutnya, jika memungkinkan menentukan urutan berikutnya, saat itu juga.
  5. Menentukan masalah siswa yang menjadi prioritas
  6. Guru pembimbing mempersilakan siswa yang mempunyai masalah itu untuk mengungkap kembali secara mendalam.
  7. Guru pembimbing menawarkan kepada tsemua anggota kelompok untuk memberi tanggapan, saran, pendapat atau nasihat untuk minta jalan keluar/ pemecahan masalah tersebut.
  1. IV. Tahap Pengakhiran

  1. Pemimpin kelompok memberitahu bahwa bahwa kegiatan akan diakhiri.
  2. Konselor, pimpinan kelompok menyampaikan kesan pesan yang diperolehnya melalui kegiatan ini.
  3. Konselor mempersilakan para anggota kelompok untuk mengemukakan kesannya dan hasil sesuai kegiatani ini.
  4. Konselor menawarkan musyawarah merencanakan pertemuan berikutnya, tentunya untuk menentukan masalah berikutnya.
  5. Do’a penutup, dipimpin konselor.
  6. Menyanyi bersama.
10. Tempat pelayanan : Ruang Bimbingan kelompok/ ruang kelas
11. Waktu /tanggal :
12. Penyelenggara layanan : Guru BK.
13. Pihak-pihak yang disertakan :
14. Alat dan perlengkapan yang digunakan :
15. Rencana penilaian dan tindak lanjut layanan :
Laiseg : Keterlibatan siswa dalam proses kegiatan

  1. 1. Pemahaman apa yang didapat dari layanan konseling kelompok tadi ?
  2. 2. Bagaimana perasaanmu setelah mendapatkan layanan konseling tadi ?
  3. Apa yang akan kamu lakukan setelah mengikuti layanan konseling ini ?
Tindak lanjut : Konseling individu

16. Catatan Khusus:

-…………………………………………………………………………………………..

-………………………………………………………………………………………….

-………………………………………………………………………………………….

-………………………………………………………………………………………….

-………………………………………………………………………………………….

Mengetahui

Kepala sekolah

HJ. ARKAN DANURI S.Pd

Guru Pembimbing

FIKE RALISTIYA

PENILAIAN HASIL

LAYANAN KONSELING KELOMPOK

Nama Konseli             :

Tanggal mengisi         :

  1. 1. Apa Anda telah mendapatkan layanan Konseling Kelompok ?
    1. a. ya, tentang……………….
    2. b. Tidak
    3. 2. Kapan, dengan cara apa dan oleh siapa layanan diberikan ?

a. Tanggal layanan    :

b. Jenis layanan         :

c. Pemberi layanan    :

3. Apakah yang Anda dapatkan dari layanan tersebut ?

  1. a. Hal-hal atau pemahaman baru apakah yang anda dapatkan dari   layanan yang telah anda jalani ?
  2. b. Bagaimana perasaan anda setelah mendapatkan layanan tersebut ?
  3. c. Setelah mendapat layanan, apakah yang akan anda laksanakan/rencanakan kedepan ?

4. Berdasarkan gambaran no 3 diatas berapa persenkah anda dapat mengunakan dalam pengentasan masalah yang anda dapat hadapi ?

a. 95% – 100%                                                             d. 30 % – 49%

b. 75% – 94 %                                                              e. 10%-29%

c. 50% – 74 %                                                              f. sdikit

5. Tanggapan, kesan , pesan atau harapan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pemberi layanan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: